MAGISTER KEBIJAKAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN

Program Studi Magister Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan  Visi Pembangunan bidang pendidikan yang telah dilaksanakan selama ini selain telah memberikan hasil yang positif ternyata dalam pertumbuhan dan perkembangannya masih dirasakan terting...

Detail
about

MAGISTER KEBIJAKAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN

Program Studi Magister Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan


 Visi

Pembangunan bidang pendidikan yang telah dilaksanakan selama ini selain telah memberikan hasil yang positif ternyata dalam pertumbuhan dan perkembangannya masih dirasakan tertinggal bila dibandingkan dengan perkembangan di luar bidang pendidikan apalagi kalau dibandingkan dengan tingkat kemajuan pendidikan di negara lain. Karena itu sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang sedang membangun, penyelenggaraan dan inovasi dalam pendidikan di Indonesia perlu dikembangkan dengan melahirkan kebijakan pendidikan yang excellent, akuntabel, dan demokratis. Sehingga pendidikan yang dimaknai sebagai simpul dari kemajuan bagi suatu bangsa dan negara dapat diwujudkan. Sebagai program studi baru yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang belum dimiliki oleh perguruan tinggi lainnya dengan motto Smart Policy Delibration for a Better Education kehadiran Program Studi Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan (MKPP) dalam pertumbuhan dan perkembangan ke depan memiliki visi menjadi pusat keunggulan dan lembaga rujukan dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan yang berbasiskan penelitian sehingga dapat menghasilkan kebijakan yang tepat, unggul, dan relevan sesuai dengan kebutuhan pembangunan pendidikan.



Misi

 Adapun misi dari Program Studi Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan adalah:

1.  Mewujudkan program studi yang dikenal secara luas, yang memiliki keunggulan, handal dan terpercaya.

2.  Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan kebijakan pendidikan yang bermutu.

3.  Melakukan penelitian untuk pengembangan sistem pendidikan dan strategi pembelajaran.

4.  Memberikan layanan masyarakat dalam analisis, evaluasi dan pengembangan pendidikan.


 Tujuan

Berdasarkan pada visi dan misi di atas, Program Studi Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan bertujuan:

1.  Membentuk lulusan yang berakhlak mulia, bermutu, inovatif, kreatif yang mampu beradaptasi dan memberikan respon terhadap berbagai persoalan pendidikan serta mampu meminpin, mengelola dan mengembangkan satuan-satuan pendidikan dalam berbagai jenjang pendididikan.

2.  Mewujudkan lulusan yang mempunyai kemampuan untuk memperbaharui dan mengembangkan pendidikan sesuai dengan tuntutan era reformasi dan otonomi pendidikan.

3.  Memberikan kontribusi pemikiran melalui penelitian pendidikan yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat dan pembangunan bidang pendidikan.

4.  Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan pengabdian masyarakat yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan.
 
Ketentuan Akademik

 
A. Beban dan Lama  Studi

  Beban studi yang harus diselesaikan oleh mahasiswa Program Studi Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan sebesar 44 SKS yang dijadwalkan untuk 4 semester dan dapat ditempuh dalam waktu 4 sampai dengan 8 semester,  bisa dengan masa perpanjangan sampai 10 (sepuluh) semester dengan mengajukan permohonan tertulis.

B. Konsentrasi

Mahasiswa program studi ini memiliki kesempatan yang luas untuk menekuni bidang spesialisasi sesuai dengan konsentrasi yang diminatinya. Dengan konsentrasi sebagai spesialisasi keahlian mahasiswa diharapkan dapat menguasai bidang yang diminati dan memiliki wawasan mendalam terhadap persoalan yang akan dikaji. Untuk sementara pada tahap awal dibuka konsentrasi Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan.  Selanjutnya dimasa-masa mendatang tidak menutup kemungkinan akan ditawarkan pula konsentrasi yang lain seiring dengan perkembangan dan kebutuhan dunia pendidikan.

 C. Gelar Akademik

 Bagi peserta program studi yang telah menyelesaikan studinya diberikan hak untuk menggunakan gelar akademik Magister Pendidikan (M.Pd).

 D. Kurikulum

Untuk mencapai visi, misi, dan tujuan program studi di atas maka disusun struktur kurikulum dengan komposisi mata kuliah terdiri dari:

 1.  Mata Kuliah Matrikulasi/Penyetaraan

2.  Mata Kuliah Wajib

3.  Mata Kuliah Konsentrasi

 

 

Shared:

MAGISTER KEBIJAKAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN